Updates
News and Events

Post Date

4 February 2021

Category

News

AKR GEM City, Pengembangan Kota Mandiri di Gresik, Permata Baru di Jawa Timur.

News | Feb 4, 2021

AKR Grand Estate Marina City atau yang dikenal dengan AKR GEM City yang telah hadir sejak pertengahan 2015 di Kota Gesik, merupakan proyek kawasan hunian yang mengusung konsep  kota mandiri seluas 800 hektar. AKR GEM City merupakan hunian yang terintegrasi dengan kawasan industri dan pelabuhan JIIPE (Java Integrated Industrial Port and Estate) seluas 2.200 hektar (Industrial Estate 1.800 hektar dan Port Estate seluas 400 hektar). Sehingga kalau digabung total area AKR GEM City dan JIIPE adalah seluas 3.000 hektar.

JIIPE sendiri merupakan kawasan industri modern yang areanya  dilengkapi dengan 4 dermaga bongkar muat, dan telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional yang menunjang program beliau yaitu tol laut dan perluasan infrastuktur antar daerah dan pulau. Sementara itu, AKR GEM City akan dikembangkan menjadi sebuah kota mandiri yang lekat dengan unsur alam sebagai konsep besar pengembangan kawasan hunian tersebut. Hadir dengan konsep kota yang terdiri dari 7 Distrik Pengembangan, yaitu:

  1. West Gate District

West Gate Distrct sebagai salah satu gerbang masuk ke AKR GEM City dengan area seluas 94 Ha menawarkan cluster-cluster antara lain: Residential, mixed use development, high rise development, commercial Shophouses, dan Office Park. Lengkap dengan Rumah Sakit dan Sekolah.

  1. East Gate District

   Distrik komersial yang mencakup area seluas 147,8 Ha dengan akses langsung ke kawasan industri. Wilayah ini merupakan Segitiga Emas AKR GEM City, dengan pengembanan sebagai pusat Logistik, pergudangan, Area Komersial serta Gedung Perkantoran. Dan juga dilengkapi dengan jaringan Hotel Internasional dan Club House.

  1. CBD District

Central Business District akan menjadi pusat bisnis dari AKR GEM City, dimana akan dibangun Mid-class Residential, Office Tower, Apartment dan Warehouses.

  1. Golf District

Golf District akan menjadi distrik yang menyediakan lapangan Golf terbesar di Jawa Timur. Dengan mempersembahkan cluster cluster antara lain Golf Residential dan Apartment. Fasilitas pada distrik ini antara lain 2x 18 Holes Golf Course & Club House.

  1. Park District

Park District akan menjadi district yang memberikan fasilitas dan nuansa Theme Park, Art Center & Museum.

  1. University District

Unifersity District akan menjadi distrik yang memiliki akses terdekat dengan Marina district yang mempersembahkan kawasan hunisan yang akan ditunjang dengan fasilitas seperti International University, Hospital & Sport Center.

  1. Marina District

Marina district akan menjadi Marina Waterfront Estate yang pertama di Jawa Timur, dengan menyediakan fasilitias pada district ini antara lain : Convention Hall, Hotel dan Yacht Pier.

Setelah sukses memasarkan Cluster Amethyst, Berryl, Crystal, Diamante, Emery, dan area pergudangan logistik seluas 40 hektare (East Logistic Park). AKR GEM City, saat ini sedang gencar memasarkan hunian di Cluster Garnet Place dengan produk yang ditawarkan adalah Millenial Home, Townhomes dan Shophouses (Ruko). Project hunian ini dihadirkan khusus bagi end user di Gresik, Surabaya dan sekitarnya. Millenial Home menghadirkan hunian minimalis dengan tipe LB/LT 28/60, yang dipasarkan dengan harga  mulai dari Rp. 400 jutaan serta angsuran yang terbilang sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp. 1 Jutaan / bulan. Tipe rumah di Millenial Home menurut Bapak Yohanes Sukiman (Head Region 2), saat ini sangat diminati oleh pasar terutama generasi Millenial. Untuk tahap pertama, pengembang memasarkan sebanyak 67 unit dan sudah terjual 75%. Untuk tahap kedua rencananya akan di buka pemasaran sebanyak ± 190 unit yang akan dirilis dalam waktu dekat. Melengkapi Cluster Garnet Place, pengembang juga memasarkan Shophouses (ruko) dengan promo “Hanya Rp.7 jutaan Anda sudah bisa memiliki ruko”.

Untuk mewujudkan komitmennya, AKR GEM City, saat ini sedang melakukan progres pembangunan berupa pengurugan di Cluster Emery, Pembangunan unit rumah Millenial Home, Shophouses (ruko) dan Townhomes di cluster Garnet Place dan pemasangan tiang pancang di kawasan pergudangan Eastgate Logistic Park. Progres pembangunan proyek ini akan kelihatan signifikan dalam beberapa bulan kedepan.

Dan untuk mempercepat terwujudnya Kota Mandiri AKR GEM City, AKR Land segera menghadirkan produk-produk inovatif yang bertujuan untuk menjadi Anchor Kawasan, yaitu kawasan komersial GEM Walk dan kompleks komersial, terdiri dari Ruko dengan konsep Downtown Walk, Double Decker dan Plaza Terbuka, yang memberikan pengalaman belanja & rekreasi secara indoor dan outdoor. Ditambah lagi akan hadir fasilitas kuliner dengan konsep kekinian dan cozy yang diharapkan menjadi Hang Out Place bagi kaum millenial dan masyarakat di Kota Gresik.

Tingginya potensi nilai investasi maupun lokasi yang strategis sebagai hunian, AKR GEM City sangat diminati oleh konsumen dari Gresik, Surabaya, maupun kota lainnya. Didukung oleh JIIPE sebagai kawasan industri juga terus berkembang dengan potensi puluhan ribu karyawan yang bekerja dalam area tersebut. Salah satunya adalah PT. Freeport Indonesia yang tengah membangun pabrik smelter di Kawasan Industri JIIPE tersebut. Pabrik pengolahan konsentrat tersebut direncanakan mulai beroperasi sekitar Desember 2023. Jika pabrik smelter ini sudah beroperasi, maka akan sangat luar biasa besar dampaknya terhadap pengembangan AKR GEM City. Bukan hanya terhadap kebutuhan hunian, namun juga terhadap pengembangan usaha, seperti retail, kios, dan lainnya. Semuanya akan hidup.

Akses ke kawasan AKR GEM City kini semakin mudah, apalagi didukung dengan keberadaan Exit Tol Manyar, kemudian pengembangan Jalan Tol Krian–Legundi–Bunder–Manyar (KLBM) yang nantinya memiliki akses keluar pintu tol langsung tepat di depan pintu masuk JIIPE.

AKR GEM City, Pengembangan Kota Mandiri di Gresik, Permata Baru di Jawa Timur.

Share
Loading Loading